0813-2422-5152 jayaaspalhotmix@gmail.com

Jika kita sering melihat pembangunan gedung atau bangunan besar lainnya, pasti tak asing dengan alat alat berat yang biasa digunakan.

Akan tetapi jika ingin membuat jalan raya, alat berat seperti apa yang akan digunakan? Yang disebut sebagai alat berat adalah alat-alat yang digunakan dalam berbagai proyek, misalnya proyek pembangunan bendungan, gedung, bandara dan juga jalan.

Dengan menggunakan alat berat, maka kita bisa melakukan berbagai pekerjaan berat yang memang tak bisa dilakukan oleh tenaga manusia.

Misalnya saja menggali tanah, untuk meratakan tanah, untuk mengangkut material dengan jumlah yang sangat banyak, serta pekerjaan lain yang melibatkan pekerjaan dalam skala besar, serta dengan waktu yang cepat.

Untuk yang penasaran, berikut adalah beberapa alat berat yang digunakan dalam pembuatan jalan :

  • Bulldozer

Alat berat yang satu ini adalah alat pembersih lapangan, gunanya untuk menggusur materialnya supaya lapangan atau area tersebut siap digunakan untuk pembangunan.

Alat berat ini dilengkapi dengan blade di bagian depan, yang akan memotong juga menggusur berbagai material yang mengganggu pelaksanaan pengerjaan project.

  • Motor Grader

Ini adalah sejenis traktor yang memiliki fungsi untuk meratakan bentuk permukaan tanah yang akan dijadikan lokasi proyek. Salah satu alat berat yang selalu digunakan dalam pembuatan jalan untuk membuat kemiringan tertentu dalam suatu ruas jalan.

Alat ini dilengkapi blade yang bisa diatur berapa tingkat kemiringan yang diinginkan.

  • Back Hoe

Dalam setiap proyek pemindahan tanah, alat berat yang satu ini selalu ada dan membuat masyarakat jadi lebih familiar melihatnya.

  • Tridum Roller

Merupakan penggilas beroda tiga, bagian depan satu dan dua roda di bagian belakangannya. Sering juga disebut macadam roller, dan lebih sering digunakan dalam usaha-usaha pemadatan material dengan butiran yang kasat.

Supaya lebih berat bobotnya, roda silinder yang kosong akan diisi menggunakan zat cair misalnya minyak atau air tetapi terkadang juga diisi pakai pasir juga.

  • Double Drum Roller

Ada alat yang berporos dua atau two axle, juga poros 3 yaitu three axle tandem rollers. Digunakannya alat ini supaya bisa mendapatkan permukaan yang halus, contohnya untuk penggilasan aspal beton dan lain sebagainya.

Menggunakan tandem roller ini akan memberikan lintasan yang sama pada masing-masing dan biasanya juga dilakukan penambahan berat dengan mengisinya menggunakan air.

  • Pneumatic Tired Roller

Yang satu ini adalah alat berat yang terdiri dari roda-roda ban karet yang dipompa  dan susunan dari roda muka dan juga roda belakangnya berselang-seling, jadi bagian yang tak digilas oleh roda yang bagian depan, akan digilas oleh roda yang ada di bagian belakangnya.

Susunan roda ini akan menghasilkan kneading action atau tekanan yang bisa membantu konsolidasi tanah.

Selain itu, sumbu roda bisa bergoyang mengikuti seperti apa perubahan permukaan tanahnya, sehingga cocok untuk pada pekerjaan penggilasan bahan.

Demikian adalah beberapa macam alat berat yang biasa digunakan dalam pembuatan jalan raya.

Biasanya ada perusahaan khusus yang menawarkan jasa sewa alat berat, sehingga tak mengeluarkan biaya terlalu besar untuk pengadaan alat berat, jadi bisa berfokus pada pembangunan jalan dan pemilihan material yang bagus.

Hubungi www.jayaaspalhotmix.com untuk memesan hotmix yang berkualitas, serta melakukan konsultasi lebih lanjut terlebih dahulu. Berikut adalah nomor yang bisa dihubungi 081324225152. Semoga artikel ini bermanfaat.

Open chat
Jaminan harga murah
Powered by