0813-2422-5152 jayaaspalhotmix@gmail.com

Siapa yang tahu jika masyarakat memiliki tugas yang sama dalam mengawasi pembangunan? Itulah kenapa partisipasi masyarakat  dengan bentuk pengawasan pembangunan bagusnya dibuka seluas mungkin.

Supaya kualitas pembangunan di negeri kita ini sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga bukan hanya hasil akhirnya yang terlihat bagus.

Namun juga umur pakai dari hasil pembangunan tersebut lebih panjang, serta tentunya lebih aman untuk digunakan untuk masyarakat.

Seperti yang kita ketahui, jika pembangunan jalan dengan kualitas yang rendah itu bisa merugikan. Tak hanya akan merugikan dari sisi ekonomi saja, namun juga bisa mencelakakan para pengguna jalan itu sendiri.

Itulah mengapa masyarakat juga harus mengetahui kualitas aspal yang baik sehingga bisa ikut mengawasi dan merawat jalan yang mereka gunakan.

Memang apabila kita ingin mengetahui hasil uji kualitas aspal, setidaknya harus melakukan tes khusus di labolatorium.

Hanya saja untuk masyarakat awam tentunya bukan hal yang enteng untuk minta diteskan kualitas aspal ke labolatorium, namun setidaknya masyarakat bisa mengetahui seperti apa ciri-ciri visual dari aspal dengan kualitas baik atau buruk.

Jadi saat melihat aspal dengan kualitas kurang baik, bisa mengurangi pembiaran kualitas yang kurang bagus tersebut

Bagaimana caranya mencegah kualitas aspal yang buruk tersebar di pasaran? Sebenarnya dimulai dari produsen atau penyedia aspalnya itu sendiri.

Jadi dengan adanya quality control yang baik, mereka bisa memilah aspal yang kualitas baik dan buruk, juga dengan pengawasan masyarakat yang penuh bersama para pembangun dimulai dari saat memilih materialnya, dalam pencampuran hotmixnya, cara untuk memadatkan aspalnya dan lain-lain.

Kita juga boleh mengambil sampel aspal yang dinilai kurang baik, kemudian dibawa ke labolatorium untuk diteliti, supaya  kualitas aspalnya bisa terjaga dengan baik dan hal itu akan sangat menguntungkan ke depannya.

Jika kita ingin melihat kualitas aspal, sebenarnya bisa dilihat secara kasat mata, dan berikut adalah beberapa cirinya yang bisa membuat kita mengetahui apakah aspal yang akan digunakan sudah berkualitas baik atau belum :

  1. Warna aspal tidak terlalu hitam, kurang pekat hitamnya
  2. Ada banyak agregat yang terlepas dari aspal jalan
  3. Terdapat retak rambut di berbagai lokasi karena saat pemadatan aspal, kondisi tanah di bawahnya masih labil dan juga tak merata

Maka karena itu, supaya bisa mendapatkan kualitas aspal dari jalan yang baik, sudah seharusnya kita mengikuti spesifikasi yang sudah lebih dulu ditentukan untuk perencanaan dan juga untuk pelaksanaannya.

Jika dilihat dari segi perencanaan, maka kita harus mengikuti Jobmix Design yang sudah disepakati sejak lama oleh para kontraktor, konsultan dan juga pemberi tugas. Kemudian untuk segi pelaksanaan juga harus sesuai dengan prosedur yang telah disepakati, misalnya trial pemadatan.

Lantas memangnya apa saja hal yang bisa menyebabkan aspal menjadi lebih cepat rusak?

  1. Jika kadar aspalnya tak sesuai dengan Job Mix Formula, yang merupakan komposisi material penyusun aggregat aspal, dan biasanya dibuat di labolatorium, beberapa waktu sebelum pelaksanaan di jalan dimulai oleh pihak pelaksana.
  2. Tergenang air, hal ini bisa terjadi jika jalanan berlubang, atau permukaannya rata sehingga tak ada jalur bagi air hujan untuk mengalir ke pembuangan

Demikian adalah bagaimana caranya mengetahui kualitas aspal yang baik? Supaya lebih nyaman dan aman, maka pilih aspal dari penyedia yang terpercaya. Hubungi 0813-2422-5152 atau  www.jayaaspalhotmix.com untuk informasi mengenai penyediaan aspal hotmix yang berkualitas tinggi.

Open chat
Jaminan harga murah