0813-2422-5152 jayaaspalhotmix@gmail.com

Tanah gambut adalah satu lagi jenis jalan raya banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia dan bagi yang belum tahu, yang dimaksud sebagai tanah gambut sendiri ialah tanah hasil pelapukantumbuhan selama ribuan tahun lamanya.

Tanah gambut ini bukan lapisan tanahnya yang asli, dan ketebalannya juga berbeda-beda.

Ada yang hanya beberapa senti saja tebalnya sampai sedalam 15 meter. Yang menjadi masalah dari tanah gambut adalah tiap tahunnya selalu terjadi penurunan, sampai 1 meter per 10 tahunnya.

Dengan kondisi tanah yang seperti ini, tentu bisa jadi masalah untuk pembangunan jalan raya di atas tanah gambut, sebab strutur tanahnya juga harus diperhatikan dengan benar.

Ada beberapa tahapan untuk proses perkerasan jalan tanah gambut, yang pertama adalah memperbaiki area gambut di lokasi yang akan dijadikan jalan rata. Adapun proses ini berupa menggali dan mengupas. Kemudian bagian yang digali tadi akan diisi oleh pasir atau oleh tanah.

Kemudian galian tanah gambut tersebut dipadatkan, caranya dengan memberikan beban tambahan pada permukaannya, baik menggunakan pasir, tanah atau material lainnya dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

Jika ingin melakukan proses pemadatan tanah yang berlangsung lebih cepat, sebaiknya lakukan vertical sand drain dan baiknya harus dipasang dalam jarak tertentu.

Tak hanya itu, ada cara lainnya yang bisa digunakan yakni menggunakan bahan sintetis, dan cara pemasangannya menggunakan cara vertikal. Adapun nama dari metode ini adalah wick drain.

Metode Lain untuk Pengkerasan Tanah Gambut

Sementara itu dalam metode vertical wick drain itu bisa menggunakan pompa vakum.

Hal ini bertujuan agar tanah menjadi lebih cepat padatnya, saat menggunakan vakum, ai dan juga udara yang ada pada lapisan tanahnya keluar sehingga tanah lebih padat.

Akan tetapi jika areal lahan gambutnya cukup sempit, maka metodenya cukup menggunakan  pondasi cakar ayam saja. Kemudian setelah pondasinya dipasang dengan baik, maka di lapisan paling atasnya dibebani tanah atau pasir, gunanya untuk pemadatan, kemudian setelahnya baru konstruksi perkerasan jalan gambut bisa dibangun, pada bagian permukaan teratas.

Jika bujet terbatas, maka ada  cara yang menghabiskan biaya yang cukup terjangkau, yakni caranya menggunakan dolken atau lebih dikenal sebagai bamboo.

Satu lagi, dengan menggunakan geo-textile bisa jadi pilihan lain. Pilihan yang memiliki bobot ringan akan tetapi memiliki daya tarik yang besar ketika ada beban diatasnya. Selain itu harganya juga tidak terlalu mahal.

Tetapi yang paling direkomendasikan untuk pengerasan tanah gambut adalah menggunakan perkerasan konstruksi lentur.

Memang di lahan tanah gambut itu sendiri, pengkerasan tipe yang satu ini jauh lebih cocok karena jauh lebih ringan dibandingkan dengan yang lain. Sebab jika kita gunakan perkerasan kaku, hasilnya tak akan maksimal, kurang baik.

Bahkan dengan melakukan perkerasan kaku pada lahan gambut bisa sebabkan hasilnya jadi retak-retak atau pecah. Jangan lupa untuk melakukan proses stabilisasi sebelum mengolah lahan gambut dan proses ini akan membutuhkan waktu yang lama, sebab hanya menggunakan cara konvensional.

Demikian adalah cara pengkerasan  tanah gambut untuk jadi jalan raya, sebaiknya lakukan semua prosesnya dengan baik sejak awal, supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan jalan raya lebih awet daya pakainya.

Dibutuhkan konsultasi dengan ahlinya untuk mengetahui seputar jalan raya, aspal dan hotmix.

Bisa menghubungi www.jayaaspalhotmix.com untuk memesan hotmix yang berkualitas, serta melakukan konsultasi lebih lanjut terlebih dahulu. Berikut adalah nomor yang bisa dihubungi 081324225152.

Open chat
Jaminan harga murah