0813-2422-5152 jayaaspalhotmix@gmail.com

Aspal Jalan adalah sarana transportasi yang paling penting untuk aktivitas masyarakat, apalagi jika di kota yang padat penduduk dan mobilitasnya tinggi, jalan yang bagus dan layak menjadi hal terpenting selain kondisi kendaraan yang prima itu sendiri.

Membangun jalan adalah tugas pemerintah, namun tak ada salahnya jika masyarakat juga ingin berswadaya untuk membangun jalanan di daerah mereka sendiri.

Ada beberapa hal yang membuat masyarakat ingin membangun jalanan sendiri, misalnya untuk jalanan komplek perumahan, jalanan di komplek sekolah atau universitas, perkantoran swasta dan sebagainya.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat mengaspal jalan :

  1. Ketahui material dan bahan aspal

Supaya jalan yang dibuat lebih awet dan kokoh, maka pastikan aspal menghindari resapan air, pilihlah material yang tahan terhadap air, biasanya bahan untuk bagian fondasi bawah merupakan tanah liat biasa atau clay, tanah liat koloidal atau colloid, tanah lumpur atau silt, pasir kasar atau coarse sand,  pasir halus atau fine sand dan kerikil atau gravel.

Kemudian jika dibandingkan dari berbagai bahan yang telah disebutkan, yang paling bagus untuk fondasi bawah adalah pasir halus, pasir kasar, dan kerikil sebab bukan hanya tak menyerap air tetapi juga bisa merekat kuat sekali dengan lapisan yang di atas, sehingga bisa memperpanjang usia aspal di jalanan.

  • Pertimbangkan Beban Pada Aspal

Seperti yang kita ketahui, jika jalanan yang sering dilalui oleh kendaraan berat pasti akan cepat rusak. Begitu pula dengan jalan dengan lalu lintas yang padat dan berjalan lambat (misalnya dalam jalur macet) pasti juga semakin cepat kerusakannya.

Ada cara yang bisa digunakan untuk menghindari kerusakan jalan dalam waktu yang cepat, misalnya saja dengan memberikan batasan beban atau tonase maksimal, sehingga kendaraan yang beratnya lebih dari batas tersebut tidak boleh melewati jalan.

Kita bisa memasang papan penunjuk jalan khusus yang memberikan informasi,  mengenai batas beban kendaraan yang diperbolehkan, dan tujuannya adalah supaya bisa menjaga kualitas jalan raya lebih lama lagi.

  • Ketahui Kemiringan Jalan

Ternyata jalan raya tidak sepenuhnya datar, lho! Hal ini dimaksudkan supaya hujan tak akan menggenang di jalanan.

Jadi salah satu teknik konstruksi jalan adalah membuat permukaannya agak mirin. Sebab air hujan yang menggenangi jalan bisa membuat aspal jadi mudah untuk berlubang, apalagi jika dilewati oleh kendaraan dengan beban berat dan juga berjalan lamban.

Jadi jalanan yang berlubang-lubang itu disebabkan oleh genangan air yang tidak mengalir dengan baik, maka karena itu biasanya jalan di bagian tengahnya akan dibuat agak miring, supaya bisa memberikan jalan untuk aliran air hujan supaya bisa mengalir ke selokan terdekat.

  • Buat Sistem Pembuangan Air (Drainase) yang Bagus

Ketahuilah bahwa lapisan aspal yang kuat, membutuhkan pembuangan air yang baik juga.

Oleh karena itu, kita harus memilih bahan-bahan dan jenis material yang paling cocok untuk menentukan kekuatan dan juga ketahanan usia dari aspal itu sendiri. Bahkan tidak hanya itu saja, tanah dasar dari jalan yang akan dilapisi juga sangat menentukan.

Begitu banyak kasus jalan raya yang turun atau amblas, dan itu karena tanah dasarnya yang tak cukup baik sistem pembuangan airnya, bukan karena lapisan aspalnya yang buruk

Maka karena itu, penting berkonsultasi pada ahlinya sebelum memulai pengaspalan jalan sendiri. Hubungi www.jayaaspalhotmix.com dan nomor 0813 24422 5152 untuk konsultasi lebih lanjut.

Open chat
Jaminan harga murah